April 22, 2009

Tips Membersihkan Kaca, Cermin, Kaca Mobil dll


Kaca Jendela / cermin ruangan

Selain menggunakan cairan kimia dan spons yang bisa kita beli,kita juga bisa memanfaatkan benda2 sekitar kita seperti cuka dan kertas koran. caranya: campurkan 2-3 sendok cuka putih (cuka dapur) ke dalam 1 liter air, masukan ke dalam botol penyemprot. jika tidak ada, basuh sajalah ke permukaan kaca. gosok dengan gerakan memutar menggunakan kain bekas berbahan lembut (kaus/pakaian dalam) lalu gunakan koran bekas untuk membersihkan dan mengeringkan. Usahakan kaca tidak terkena sinar matahari yang terik atau pada saat kaca masih terasa hangat pada saat membersihkan kaca, agar tidak mudah berbekas.



Cermin Kamar mandi

Cermin kamar mandi kerap kali terlihat buram apabila lama berada dalam kamar mandi terutama kamar mandi shower. anda bisa membersihkannya tanpa menggunakan cairan pembersih khusus. gunakan air hangat, lap dan shampo atau pasta gigi. caranya: basahi kaca dengan air panas lalu olesi dengan shampo atau pasta gigi. diamkan sekitar 5 menit sampai shampo / pasta gigi menjelang kering. lalu gosok dengan kain/lap halus. apabila masih terdapat noda, ulangi langkah-langkah tadi.


Kaca mobil jamuran / Jamur di Kaca mobil

Gunakan pasta gigi dan shampo, kanebo, lap halus dan air secukupnya. basahi duahulu kaca mobil, lalu campur shampo dengan pasta gigi seperlunya dan tambahkan sedikit air supaya agak encer. gosok dengan kain halus atau kanebo. ulangi beberapa kali hingga jamur mobil menghilang.


Kaca belakang lampu mobil

kaca lampu mobil biasanya berbahan dasar mika. Cara membersihkan cukup mudah dan bisa dilakukan sendiri dengan membersihkan bagian dalam lampu yang sudah terlihat kusam dan buram. Bahan-bahannya cukup menggunakan campuran air, bubuk deterjen, dan pasir halus yang telah disaring. Pertama-tama lepaskan batok lampu mobil beserta dudukannya, Masukkan sedikit demi sedikit pasir halus ke dalam batok lampu melalui lubang bohlam. Kemudian dilanjutkan dengan memasukkan bubuk deterjen dan terakhir giliran air. guncangkan/kocok setelah semua bahan masuk hingga terlihat bersih. lalu bilas dengan memasukan air dari slang dengan tekanan yang cukup. lakukan berulang kali hingga bersih. pastikan tidak ada pasir dan deterjen sebelum dikeringkan.


Kaca bekas akuarium

bisa menggunakan cuka, namun gosokannya harus lebih sering dan lebih kuat. untuk praktisnya, gunakan asam kuat seperti hcl atau h2so4. Namun, anda harus berhati-hati menggunakan asam kuat ini. kulit bisa bolong jika bersentuhan langsung dengan asam kuat ini.


Kaca Arloji

Untuk kaca alroji yang terbuat dari kaca, bukan plastik/mika yang telah banyak goresan, bisa dihaluskan kembali menggunakan talk/bedak yang dicampur air hingga lekat. gosokan pada kaca secara merata dan berulang-ulang, kemudian dilap dengan lap bersih.

Digg this

1 Comment:

mds said...

Tips nya cukup ajaib ya, terutama untuk membersihkan kaca mobil. Thanks 4 sharing.